Jalan Jalan Ke Jogja Dengan TransJogja dan Transportasi Online? Siapa Takut!

Saya sebagai orang yang lahir dan besar di kota gudeg akan menjelaskan bagaimana cara berjalan-jalan keliling kota Yogyakarta dengan hemat, aman dan tanpa rasa khawatir. Karena menurut beberapa sumber (bukan saya) Yogyakarta adalah salah satu destinasi favorit setelah Bali.

Makin banyak tempat wisata-wisata yang sudah ada dan yang baru bermunculan. Contohnya : Malioboro, Kebun buah mangunan di Dlingo Imogiri Bantul, Pantai-pantai indah berpasir putih di daerah Gunung Kidul seperti Pantai Sadranan, Pantai Pok Tunggal, Pantai Kukup dll.

Nah buat para wisatawan yang ingin keliling Kota Yogyakarta namun tidak membawa kendaraan pribadi bisa juga dengan cara menyewa mobil rentalan ditambah supir yang bisa anda temui dengan mudah. Karena rata-rata transportasi warga D.I.Y adalah Sepeda Motor dan Mobil. Nah saya akan bahas dari Transportasi umum.

  1. TRANSJOGJA Pengganti Bus Kota.

Sebelum Transjogja hadir sebenarnya ada Bus angkutan umum seperti Kopata, Puskopkar, Damri dsb dengan berbagai jurusan namun sekarang sudah jarang ditemui di jalanan dan nyaris tidak ditemui lagi. Padahal jaman dulu saya SD-SMP bus ini masih jadi primadona para pelajar dan orang-orang terutama ibu-ibu yang akan pergi ke tempat tujuan seperti pasar. Biaya naik bus kota ini murah hanya 1.000 untuk pelajar yang menggunakan seragam sekolah dan 2.500 untuk Umum. Tapi kekurangannya adalah Armadanya Sedikit, Suka ngetem lama banget, Tidak melewati semua tempat, Orang-orang bisa merokok sana sini, hanya beroperasi sampai jam 6 sore dan beberapa armada tidak tertib. Maka banyak orang menggunakan kendaraan pribadi karena lebih efisien.

Namun Dishub Kota Yogyakarta enggak kehilangan akal untuk menggantikan Bus Kota yang ada. Dibentuklah TransJogja sekitar tahun 2008-2009 yang mirip dengan TransJakarta, TransSemarang dan TransSolo.

Q : Berapa Tarif TransJogja?

A : Umum adalah Rp. 3.500 (Jika membayar dengan menggunakan Uang Tunai) Namun jika anda menggunakan metode Cashless alias menggunakan kartu seperti BCA Flazz, Mandiri E Money, Brizzi, BNI E Money cukup membayar 2.700 saja (Hemat 900). Selain lebih murah, praktis dan tidak usah menyiapkan uang pas. Namun ada beberapa halte TransJogja tidak memiliki penjaga nah anda bisa membayarnya langsung dengan uang ke kenek yang ada dalam Bus (Bayar dengan Uang Pas ya karena kenek tidak memberikan uang kembalian) atau tinggal Tap dengan kartu di scanner yang terdapat di dekat pintu bus.

InkedInked2017-08-01 06.27.33 1_LI.jpg

Tarif TransJogja menggunakan Flazz BCA hanya Rp. 1.800 sampai Akhir Desember 2017


Q : Saya tidak memiliki kartu tersebut diatas apakah ada cara lain untuk mendapatkan tarif bus yang murah?

A : Bisa dengan membeli Kartu berlangganan TransJogja seperti dibawah. Anda bisa mendapatkannya Halte POS dengan menunjukan KTP atau Kartu Pelajar untuk Siswa dan membayar biaya kartu Rp. 25.000 (Sudah termasuk saldo sebesar Rp. 25.000) Setelah itu hanya akan di charge Rp. 2.700 untuk pengguna kartu Reguler Trip untuk sekali jalan dan Rp. 1.800 untuk pengguna Student Card. Letak Halte POS  yaitu :

– Halte Bandara Adi Sucipto
– Halte Jombor
– Halte Samsat Kota
– Halte depan Hotel Ambarukmo
– Halte dekat Rumah Sakit Bethesda
– Halte Taman Pintar
– Halte Terminal Giwangan

TJ1

Q : Saya Minta Denah / Rute Baru TransJogja dong!

TransJogja sudah mendambah rute yang sebelumnya hanya ada 8 rute saja yaitu 1A, 1B, 2A, 2B, 3A, 3B, 4A, 4B. Tahun 2017 ini menambah rute menjadi 17 Jalur walaupun yang beroperasi baru 15 Jalur, Yaitu 5A, 5B, 6A, 6B, 7, 8, 9, 10 dan 11.

BERSAMBUNG

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s